57view

REKRUTMEN PENGAWAS TPS BELUM MEMENUHI KUOTA

Tarakan, Bawaslu Kota Tarakan – Pendaftaran Pengawas TPS di Kota Tarakan hingga 12 Februari 2019 masih tidak memenuhi kuota. Sejak tanggal 4 Februari 2019 Panwaslu Kecamatan telah melaksanakan tahapan Pengumuman dan Pengambilan berkas di Sekretariat masing-masing. Namun hingga saat ini yang mengambil berkas masing kurang dari jumlah kuota yang dibutuhkan.

Pengumuman pendaftaran Pengawas TPS dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan se-Kota Tarakan. “metodenya mulai dari penyebaran brosur ditiap kelurahan dan juga melalui media sosial resmi Panwaslu Kecamatan.” Ujar Dian Antarja, kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kota Tarakan.

Kurangnya pendaftar dikarenakan batasan umur minimal 25 tahun, honor yang kecil dan jenjang pendidikan minimal lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas), “Hal ini yang menjadi kesulitan dalam melakukan rekrutmen pengawas TPS” Ungkap Dian.

Jelang 64 hari lagi menuju Pemilu 2019. Menurut Dian,  Bawaslu kota tarakan telah menyusun beberapa strategi khusus untuk menyelesaikan kendala rekrutmen tersebut, namun terlebuh dahulu akan dikonsultasikan kepada Bawaslu Provinsi Kaltara untuk mendapat arahan lebih lanjut.

Jumlah Pengawas TPS yang dibutuhkan sebanyak 628 orang. Hal tersebut sesuai dengan jumlah TPS di Kota Tarakan. untuk diketahui, KPU juga membutuhkan KPPS sebanyak 4.396 orang. Serta partai politik juga membutuhkan Saksi sebanyak 10.048 orang yang akan ditempatkan di setiap TPS, ujar Dian Antarja.

 

Penulis : Aswandi

Editor   : Saifullah



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook